CHURCH THE GOSPEL HOLY WAY IN JAYAPURA

CHURCH THE GOSPEL HOLY WAY IN JAYAPURA
Street . DAMAI . KOTA JAYAPURA - PAPUA

Sabtu, 08 Oktober 2011

Baca: 1 Korintus 12:12-31
“Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.” 1 Korintus 12:27
Ekklesia adalah kata Yunani untuk gereja dalam Perjanjian Baru. Gereja yang dimaksud tidak mengacu pada sebuah gedung atau bangunannya, namun orang-orang yang telah menerima Yesus Kristus. Kata ekklesia tersebut menggambarkan karakter gereja yang sesungguhnya. Dalam Perjanjian Lama digambarkan tentang bangsa Israel yang dipanggil secara bersama-sama meski dalam waktu yang berbeda untuk mendengarkan perkataan Allah melalui nabi-nabinya seperti Musa, Samuel dan lainnya. Dengan kata lain mereka berkumpul untuk mendengarkan firman atau perintah Allah. Jadi definisi awal dari gereja adalah kumpulan orang yang datang bersama-sama untuk menerima pesan Allah. Mereka berkumpul bukan untuk menyuarakan pikiran dan pendapat mereka sendiri, tetapi untuk mendengarkan suara Allah, menaati dan bertindak bagi Dia.
Dalam suratnya kepada jemaat di Roma dan Korintus, Paulus menyatakan bahwa gereja diumpamakan sebagai tubuh jasmaniah, organisme kompleks yang mempunyai bagian-bagian yang berbeda, yang kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada kerjasama yang selaras di angara semua bagiannya. “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Roma 12:4-5). Kristus adalah kepala tubuh dan umatNya (gerejaNya) sebagai anggota-anggotanya. Dengan demikian, bila Perjanjian Lama dan Baru digabungkan, akan didapat pengertian bahwa gereja adalah tubuh Kristus yang berdiri dari umatNya yang dikumpulkan bersama untuk mendengarkan firmanNya, menaati dan bertindak sesuai firmanNya.
Untuk bertindak sebagai anggota tubuh Kristus kita harus meneladani apa yang sudah dikerjakan olehNya saat di bumi, yaitu Ia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang (baca Lukas 19:10). Hidup Tuhan Yesus sepenuhnya dipersembahkan untuk melayani jiwa-kiwa. Dan sebagai tubuh Kristus, gereja (yaitu semua orang percaya) adalah wakil Kristus di dunia ini untuk menyatakan hidupNya dan menyelesaikan pekerjaanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar